paytrenmillionaire.com

Fobia Paling Aneh

 

 Fobia aneh membuat seseorang merasa panik atau ketakutan saat melihat lubang. Trypophobia merupakan sebutan bagi orang-orang yang menderita fobia ini.

Termasuk kelompok ini adalah mereka yang merasa takut dengan gelembung sabun, busa cokelat, atau objek lain yang memiliki serangkaian lubang. Penderita trypophobia dapat mengalami migrain, panik, keringat dingin dan detak jantung yang meningkat.

"Trypophobia adalah fobia paling umum yang jarang didengar," kata peneliti lembaga studi Geoff Cole sekaligus psikolog Universitas Essex Inggris yang juga mengalami fobia serupa.

Laman Livescience melansir fobia ini bukan bentuk gangguan jiwa. Dalam studi yang dilakukan Cole, ada partisipan yang mengaitkan padangannya terhadap ojek berlubang dengan hewan berbahaya yang memiliki pola lingkaran atau berongga. Seperi gurita cincin biru (blue-ringed octopus). 

Dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychological Science, trypophobia diduga merupakan efek samping adaptasi evolusi pada manusia untuk menghindari hewan berbahaya. "Kami pikir setiap orang memiliki kecenderungan trypophobia walau pun mereka tidak menyadarinya," kata Cole.

Sumber: REPUBLIKA.CO.ID,

1 komentar :

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.

Get paid To Promote at any Location
paytrenmillionaire.com